Kamis, 03 Januari 2013

Posted by Unknown On Kamis, Januari 03, 2013


METODE EKSPERIMEN 



1.       Pengertian dan Tujuan
Eksperimen atau percobaan adalah suatu tuntutan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar menghasilkan suatu produk yang dapat dinikmati masyarakat secara aman.  Eksperimenpun dilakukan orang agar diketahui kebenaran suatu gejala dan dapat menguji dan mengembangkannya menjadi suatu teori.
Metode eksperimen atau percobaan diartikan sebagai cara belajar mengajar yang melibatkanb peserta didik dengan mengalami dan membuktikan sendiri proses dan hasil percobaan itu.

Tujuan dari metode eksperimen ini adalah :
a.       Agar peserat didik mampu menyimpulkan kata-kata, informasi atau data yang diperoleh
b.      Melatih peserta didik merancang, mempersiapkan, melaksanakan dan melaporkan percobaan
c.       Melatih peserta didik menggunakan logika berfikir induktif untuk menarik kesimpulan dari fakta, informasi atau data yang terkumpul melalui percobaan
2.       Alasan Penggunaan Metode Eksperimen 
a.       Metode eksperimen diberikan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik agar dapat mengalami sendiri atau melakukan sendiri , mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, keadaan atau proses sesuatu.
b.      Metode eksperimen dapat menumbuhkan cara berfikir rasional dan ilmiah.
3.       Kelebihan dan Kelemahan Metode Eksperimen 
a.       Kelebihan Metode Eksperimen 
1)      Membuat peserta didik percaya pada kebenaran kesimpulan percobaannya sendiri dari pada hanya menerima kata guru atau buku
2)      Peserat didik aktif terlubat mengumpulkan fakta, informasi atau data yang diperlukan melalui percobaan yang dilakukannya
3)      Dapat menggunakan dan melaksanakan prosedur metode ilmiah dan berfikir ilmiah
4)      Memperkaya pengalaman dengan hal-hal yang bersifat objektif, realistik dan menghilangkan verbalisme
5)      Hasil belajar menjadi kepemilikan peserta didik yang bertalian lama
b.      Kelemahan Metode Eksperimen
1.       Memerlukan peralatan percobaan yang komplit
2.       Dapat menghambat laju pembelajaran dalam penelitian yang memerlukan waktu yang lama
3.       Menimbulkan kesulitan bagi guru dan peserta didik apabila kurang berpengalaman dalam penelitian
4.       Kegagalan dan kesalahan dalam berekperimen akan berakibat pada kesalahan menyimpulkan

2 komentar: