METODE DISKUSI
1. Pengertian dan Tujuan
Penggunaan metode
diskusi dalam kerangka pendekatan DAP sebenarnya bukan saja sebagai salah satu
cara menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik yang bersifat
problematis, tetapi juga melatih anak dalam kehidupan sehari-hari untuk
mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan membentuk kompetensi-kompetensi
sosial yang dibutuhkan.
Metode diskusi
diartikan sebagai siasat “penyampaian” bahan pengajaran yang melibataktifkan
peserta didik untuk membicarakan dan menemukan alteratif pemecahan suatu topik
bahasan yang bersifat problematis.
Metode diskusi
bertujuan untuk :
a.
Melatih peserta didik
mengembangkan keterampilan bertanya, berkomunikasi, menafsirkan dan
menyimpulkan bahasan.
b.
Melatih dan membentuk kesetabilan
sosial-emosional
c.
Mengembangkan kemampuan berfikir
sendiri dalam memecahkan masalah sehingga tumbuh konsep diri yang lebih positif
d.
Mengembangkan keberhasilan peserta
didik dalam menemukan pendapat
e.
Mengembangkan sikap terhadap
isu-isu kontroversial
f.
Melatih peserta didik berani
berpendapat tentang suatu masalah.
2. Alasan Penggunaan Metode
Diskusi
Alasan menggunakan
metode diskusi :
a.
Topik bahasan bersifat problematis
b.
Merangsang peserta didik untuk
terlibat secara aktif dalam perdebatan ilmiah
c.
Melatih peserta didik untuk
berfikir kritis dan terbuka
d.
Mengembangkan suasana demokratis
dan melatih peserta didik berjiwa besar
e.
Peserta didik memiliki pandangan
yang berbeda-beda tentang masalah yang dijadikan topik diskusi
f.
Peserta didik memiliki pengetahuan
dan pendapat-pendapat tentang masalah yang akan didiskusikan
g.
Masalah yang didiskusikan akan
hubungannya dengan persoalan-persoalan yang lain pula.
3. Kelebihan dan Kelemahan
Metode Diskusi
a. Kelebihan Metode Diskusi
Kelebihan metode
diskusi :
1.
Dapat mendorong partisipasi
peserta didik secara aktif baik sebagai partisipan, penanya, penyanggah maupun
sebagai ketua atau moderator diskusi
2.
Menimbulkan kreativitas dalam ide,
pendapat, gagasan, prakarsa ataupun terobosan-terobosan baru dalam pemecahan
masalah
3.
Menumbuhkan kemampuan berfikir
kritis dan partisipasi demokratis
4.
Melatih kestabilan emosi dengan
menghargai dan menerima pendapat orang lain dan tidak memaksakan pendapat
sendiri sehingga tercipta kondisi memberi dan menerima (take and give)
5.
Keputusan yang dihasilkan kelompok
akan lebih baik daripada berfikir sendiri
b. Kelemahan Metode Diskusi
Kelemahan metode
diskusi :
1.
Sulit menentukan topik masalah
yang sesuai dengan tingkat berfikir peserta didik dan yang memiliki relevansi
dengan lingkungan
2.
Memerlukan waktu yang tidak
terbatas
3.
Pembicaraan atau pembahasan sering
meluas dan mengambang
4.
Didominasi oleh orang-orang
tertentu yang biasanya aktif
5.
Memerlukan alat yang fleksibel
untuk membentuk tempat yang sesuai
6.
Kadang tidak membuat penyelesaian
yang tuntas walaupun kesimpulan telah disepakati namun dalam implementasi
sangat sulit dilaksanakan
Perbedaan pendapat dapat mengundang reaksi di luar
kelas bahkan dapat menimbulkan bentrokan fisik.
izin donwload gambar terima kasi
BalasHapus