METODE TANYA JAWAB
1. Pengertian dan tujuan
Metode tanya jawab
adalah cara penyajian pelajaran dalam proses belajar mengajar melalui interaksi
dua arah atau “two way traffic” dari pendidik bertanya kepada peserta didik
atau sebaliknya peserta didik bertanya pada pendidik agar diperoleh jawaban
kepastian materi melalui jawaban lisan pendidik atau peserta didik.
Dalam metode tanya
jawab, pendidik dan peserta didik sama-sama aktif. Namun demikian keaktifan
peserta didik patut mendapat perhatian yang sungguh-sungguh sehingga hal itu
tidak harus banyak bergantung pada keaktifan pendidik. Karena itu, pendidik
tidak hanya dituntut untuk menguasai tehnik-tehnik bertanya dan jenis-jenis
pertanyaan, tetapi juga semangat tinggi di dalam membangun situasi yang
kondusif bagi terjadinya diskusi.
Adapun tujuan dari
metode tanya jawab ini, adalah :
a.
Mengecek dan mengetahui sampai
sejauhmana kemampuan peserta didik terhadap pelajaran yang dikuasainya.
b.
Memberikan kesempatan kepada
peserta didik mengembangkan untuk mengajukan pertanyaan kepada pendidik tentang
suatu masalah yang belum dipahami.
c.
Memotivasi dan menimbulkan
kompetisi belajar yaitu peserta didik yang aktif dan tepat menjawab lebih
percaya diri dan berusaha untuk selalu lebih baik dan peserta didik yang belum
aktif atau tidak dapat menjawab dapat mempersiapkan diri dalam kesempatan lain.
d.
Melatih peserta didik untuk
berfikir dan berbicara secara sistematis dan sistemik serta berdasarkan
pemikiran yang orisinil.
e.
Metode tanya jawab tidak
dimaksudkan untuk mengetes kemampuan peserta didik tapi diarahkan sebagai upaya
guru membuat peserta didik mengerti, memahami dan berinteraksi aktif dalam KBM
sehingga tujuan dapat dicapai baik.
2. Alasan penggunaan
Alasan pendidik
menggunakkan metode ini adalah untuk :
a.
Menimbulkan rasa ingin tahu
peserta didik terhadap permasalahan yang sedang dibicarakan sehingga
menimbulkan partisipasi peserta didik dalam KBM.
b.
Menimbulkan berfikir reflektif,
sistemis, kreatif dan kritis pada peserta didik.
c.
Mewujudkan cara belajar peserta
didik aktif.
d.
Melatih dan mendorong peserta
didik untuk belaar mengekspresikan kemampuan lisannya.
e.
Memberikan kesempatan kepada
peserta didik menggunakkan kemampuan sebelumnya.
3. Kelebihan dan kelemahan
Metode Tanya Jawab
a. Kelebihan metode tanya jawab
Metode tanya jawab
memiliki kekuatan sebagai berikut :
1.
Dapat menarik dan memusatkan
perhatian peserta didik terhadap pelajaran.
2.
Mengetahui kedudukan peserta didik
dalam belajar di kelas dari aktivitas tanya jawab dan dari jawaban-jawaban
serta tanggapan-tanggapan yang dilontarkan secara kontinyu.
3.
Lebih merangsang peserta didik
untuk mendayagunakan daya pikir dan daya nalarnya.
4.
Menumbuhkan keberanian dalam
mengemukakan jawaban
5.
Pembuka jalan bagi proses belajar
yang lain.
b. Kelemahan metode tanya jawab
Kelemahan-kelemahan
dari metode tanya jawab ini adalah :
1.
Pada kelas besar pertanyaan tidak
dapat disebarkan kepad seluruh peserta didik, sehingga peserta didik tidak
memiliki kesempatan yang sama untuk menjawab atau bertanya.
2.
Peserta didik yang tidak aktif
tidak memperhatikan bahkan tidak terlibat secara mental.
3.
Menimbulkan rasa gugup pada
peserta didik yang tidak memiliki keberanian menjawab dan bertanya (kemampuan
lisan).
4.
Dapat membuang waktu bila peserta
didik tidak responsif terhadap pertanyaan.
0 komentar:
Posting Komentar